Cari Blog Ini

Jumat, 23 November 2018

Macam-macam Kereta api berdasarkan sistem propulsinya

Macam-macam keretaapi berdasarkan propulsinya (tenaga pengerak) :

1.Kereta Api Uap
merupakan cikal bakal mesin dari kereta api. Uap yang dihasilkan dari pemanasan air yang terletak di ketel uap yang mengunakan bahan bakar kayu atau batubara yang digunakan untuk menggerakan torak atau turbin kemudian disalurkan ke roda.

2.Kereta Diesel Mekanis
Menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga yang kemudian ditransfer ke roda melalui transmisi mekanis. Lokomotif ini biasanya bertenaga kecil dan sangat jarang digunakan karena keterbaasan kenanpuan dari transmisi mekanis untuk mentransfer daya.

3.Kereta Diesel Elektrik
Merupakan lokomotif yang paling banyak populasinya. Mesin diesel dipakai untuk memutar generator agar mendapatkan energi listrik. Listrik tersebut dipakai untuk menggerakkan motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda.

4. Kereta Diesel Hidrolik
Lokomotif ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan selanjutnya disalurkan ke perangkat hidrolik untuk menggerakkan roda. Lokomotif ini tidak sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan dan kemungkinan terjadi problem sangat tinggi.

5.Kereta Rel Listrik
Prinsip kerjanya hampir sama dengan lokomotif diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan listrik sendiri. Jangkauan lokomotif ini terbatas hanya pada jalur yang tersedia jaringan transmisi listrik penyuplai tenaga.

6.Kereta Maglev(magnetically levitated trains)
Seperti namanya, prinsip kerja dari keretaapi ini adalah memanfaatkan magnet untuk mengangkat dan mendorong kereta api ini. dengan memanfatkan gaya magnet untuk mengangkat keretaapi dari rel nya maka gaya gesek yang dihasilkan sangat minim atau tanpa gaya gesek, karena itu kereta api maglev bisa melaju hingga 600 km/h

cukup sekian tulisan yang saya buat, semoga bermanfaat
wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh




keretaapi. kereta api. macam macam keretaapi.macam kereta api. jenis jenis kereta api. propulsi keretaapi, sistem propulsi kereta api. kereta api. kereta listrik. kereta uap. transmisi kereta api. pengertian kereta api.


1 komentar: