SISTEM DRAINASE JALAN REL KERETA API
DRAINASE JALAN REL
Didefinisikan
sebagai sistem pengaliran/pembuangan air di suatu daerah jalan rel, baik secara
gravitasi maupun dengan menggunakan pompa, agar tidak sampai terjadi genangan
air.
Terdapat 3 (tiga) jenis drainase jalan rel yaitu:
a.Drainase permukaan (surface
drainage)
b.Drainase bawah permukaan (sub-surface
drainage)
c.Drainase lereng (slope drainage)
DRAINASE PERMUKAAN
Drainase permukaan bertujuan untuk mengalirkan atau membuang air yang ada
dipermukaan tanah. Perencanaan dan perancangan drainase permukaan dipengaruhi
oleh keadaan topografi. Terdapat 2 (dua) jenis drainase permukaan, yaitu:
a.Drainase
memanjang (side-ditch)
b.Drainase melintang (cross-drainage)
Kemiringan saluran drainase dan kecepatan aliran pembuangan air yang
terjadi harus tidak menimbulkan kerusakan saluran dan tidak menyebabkan endapan
di saluran drainase.
Kemiringan saluran drainase dan kecepatan aliran pembuangan air yang
terjadi harus tidak menimbulkan kerusakan saluran dan tidak menyebabkan endapan
di saluran drainase.
Besarnya
debit air yang harus dibuang dengan sistem drainase permukaan bergantung pada :
a)Luas daerah yang aliran airnya akan menuju jalan
rel
b)Intensitas hujan daerah setempat
c)Koefisien pengaliran daerah setempat
Untuk
perancangan saluran melintang dan gorong-gorong pada jalan rel perlu
memperhatikan persyaratan sebagai berikut :
a)Pertemuan antara saluran melintang dan memanjang
harus dipasang bak penampung tanah (sand trap)
b)Agar mudah dalam pemeliharaan, minimum ukuran
diameter atau alas saluran adalah 60 cm
c)Tidak
boleh terjadi kebocoran atau rembesan air, karena dapat melemahkan badan jalan
rel dibawah saluran.
DRAINASE BAWAH PERMUKAAN
Drainase bawah permukaan bertujuan untuk menjaga
elevasi air tanah agar tidak mendekati permukaan tanah tempat badan jalan rel
berada.
Sesuai dengan maksud dan tujuannya, pada badan jalan rel berupa
permukaan asli dan galian, ketebalan bagian jalan rel setebal minimum 75 cm
dari dasar balas harus selalu dalam keadaan kering.
Konstruksi
drainase bawah permukaan biasanya berupa pipa berlubang yang diletakkan diatas
lapisan pasir setebal ≥ 10 cm, kemudian secara berurutan diatasnya dihamparkan
kerikil dengan ketebalan ≥ 15 cm, diatas lapisan kerikil tersebut dihamparkan
bahan kedap air Beberapa data yang diperlukan untuk perencanaan dan perancangan
drainase bawah permukaan adalah :
a)Elevasi muka air tanah pada saat musim penghujang
b)Koefisien permeabilitas tanah setempat
c)Elevasi
dan kemiringan lapisan kedap air yang ada
DRAINASE
LERENG
Drainase lereng jalan rel dibuat dengan maksud dan tujuan berikut :
a)Sebagai upaya untuk mencegah agar air permukaan
yang berasal dari punggung lereng tidak mengalir secara deras, karena aliran
deras mengakibatkan gerusan pada permukaan dan kaki lereng
b)Mencegah
terjadinya rembesan air dari permukaan lereng kedalam badan jalan rel, karena
rembesan yang terjadi dapat menyebabkan lereng longsor secara mendadak dan atau
memperlemah badan jalan rel
Terdapat
4 (empat) jenis drainase lereng, yaitu :
a)Selokan punggung, berupa saluran terbuka yang
memanjang di punggung lereng
b)Selokan tengah, berupa saluran terbuka yang
memanjang di tengah lereng
c)Selokan penangkap, berupa saluran terbuka yang
memanjang di kaki lereng, dan
d)Drainase
kombinasi, yaitu kombinasi antara drainase tegak lurus dan drainase miring.
DRAINASE EMPLASEMEN
Kondisi spesifik terjadi di emplasemen, yaitu
terdapat banyak jalur (track) yang berdampingan. Untuk mendapatkan
pembuangan air yang baik dapat dibuat saluran terbuat dari pipa dengan dinding
berlubang-lubang. Pada gambar dibawah ini tiap-tiap track di bawahnya
dipasang saluran drainase.
Sedangkan untuk penggunaan satu saluran drainase untuk fasilitas drainase 2 (dua) buah track yang berdampingan dapat dilihat pada gambar berikut :
Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat, terimakasih.
Wasaalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.
kereta api. drainase kereta api. irigasi air. drainase jalan rel. irigasi jalan rel kereta api. pengairan kereta api. sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api.sistem drainase jalan rel kereta api
mohon cantumkan referensinya, terutama referensi gambar
BalasHapusDi mana saya bisa mengakses sumber original untuk gambar-gambar drainase di atas? Terima kasih
BalasHapus